Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkah Laku Ikan : Fototaksis


Tingkah Laku Ikan adalah suatu proses adaptasi terhadap lingkungan internal dan eksternal

Tngkah laku ikan erat hubungannya dengan proses penangkapan di Lautkarena dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensiselain itu dapat digunakan untuk : 
a)  menentukan fishing power yang baik, b) mencegah terjadinya kerusakan dari suatu sumber alam dan 
c) memperbaiki dan memajukan sumberdaya alam.

Manfaat mempelajari tingkah laku ikan
  1. Informasi dasar untuk berbagai macam penelitian di bidang perikanan
  2. Efisiensi biaya hingga sumberdaya manusia sebagai tenaga kerjanya.
  3. Penentuan jenis alat tangkap yang sesuai untuk dioperasikan atau mengetahui respon ketertarikan ikan terhadap suatu objek agar lebih mudah dalam mengumpulkan ikan
Istilah yang sering dipakai dalam mempelajari tingkah laku ikan adalah Taksis, yaitu pergerakan ikan menjauhi (negatif) atau mendekati positif) ransangan.

Fototaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan cahaya

Fototaksis positif artinya tingkah laku ikan bergerak mendekati sumber cahaya, sedangkan fototaksis negatif merupakan tingkah laku ikan bergerak menjauhi sumber cahaya.

Komposisi spesies ikan yang fototaksis posistif terhadap cahaya umumnya adalah jenisikan pelagis seperti cakalang, madidihang,tongkol, layang, lemuru, teri, kembung, tembang, selar, kuweh, talang-talang dan lemadang. Interaksi fisik antara spesies dengan light fishing  dapat menarik beberapa spesiesyang berasal dari dasar perairan datang mendekati cahaya.

  Pengaruh cahaya terhadap tingkah laku ikan
  1. Mempengaruhi Migrasi Vertikal
  2. Kehadiran cahaya diasosiasikan sebagai indikasi makanan. Ikan Lapar lebih bersifat fototaksis positif.
  3. Beberapa ikan betina bersifat fototaksis negatif ketika matang gonad, sedangkan untuk ikan jantan pada jenis yang sama akan bersifat fototaksis positif ketika matang gonad.
  4. Ikan akan mempunyai sifat fototaksis yang kuat ketika berada pada lingkungan dengan suhu air yang optimal (sekitar 28C).
  5. Kehadiran predator akan mengurangi sifat fototaksis pada ikan

Adaptasi ikan pelagis terhadap cahaya matahari
Punggung ikan pelagis yang gelap dan terang inimembantu mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan terbuka. Dari atas predator akan melihat punggung mereka yang gelap yang tampak menyatu dengan perairan yang gelapSedangkan dari samping tubuh ikan ini tampak manyatu dengan air yang terkena sinar matahari.