Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk mulut ikan berdasarkan letaknya


Berdasarkan letaknya, mulut ikan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Baca juga : Artikel tentang Bentuk-Bentuk mulut ikan 


Terminal, yakni ikan dengan letak mulut dekat ujung hidung. Ikan dengan mulut terminal memiliki mulut yang condong kedepan, memungkinkannya untuk mendorong rahang kedepan untuk menangkap makanan. Contohnya pada ikan tambangan dan ikan mas. Ikan pemilik jenis mulut ini biasanya merupakan golongan ikan omnivora.


Subterminal, merupakan mulut ikan yang terletak di dekat ujung hidung agak ke bawah. Contohnya pada ikan kuro/senangin dan ikan setuhuk putih.

Inferior, merupakan mulut yang letaknya di bawah hidung. Umumnya rahang bawah lebih pendek dibandingkan rahang atas. Sebagian besar dari kalangan ikan ini merupakan keluarga ikan lele. Makanan ikan dengan mulut inferior meliputi alga, invertebrata (siput), detritus, maupun jenis makanan lain yang ada di dasar perairan.



Superior. Ikan dengan mulut superior memiliki orientasi ke atas. Mulut ikan terletak di atas hidung. Rahang bawah lebih panjang dibandingkan rahang atas. Biasanya makanan ikan ini berada di permukaan seperti serangga maupun ikan lainnya yang berenang di dekat permukaan. Ikan superior akan menunggu di bahwa perairan dan menangkap mangsa dengan menyerang tiba-tiba dari bawah. Contohnya pada ikan julung-julung.