Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Jenis ikan karang : Nama Latin, Nama Lokal, dan Gambar

 Ikan merupakan sumberdaya yang memiliki nilai ekonomis penting, selain penghasil protein hewani. Berikut adalah 10 jenis ikan karang yang ada di Indonesia beserta nama lokal dan gambarnya. 

1. Pomacanthus annularis (Bloch)

Ikan Pomacanthus annularis memiliki nama lokal Koji (Jakarta) atau Kambing-kambing (Jakarta). Hidup pada daerah terumbu karang dengan ukuran dapat mencapai 30 cm. Ikan ini adalah jenis ikan dari genus Pomacanthus. Jenis ikan ini tergolong langka dan sangat dicari, terutama bagi pecinta ikan aquarium. 

Sumber : https://www.biolib.cz


2. Heniochus varius (Cuvier)

Ikan karang yang satu ini dapat mencapai ukuran hingga 20 cm. Penyebarannya pada daerah Pasifik Barat. Beberapa nama lokal ikan ini adalah Kiri-kiri (Gsr), Bendera (Amq), dan ikan Kebo (Jkt).

Sumber : https://https://en.wikipedia.org


3. Lutjanus sebae (Cuvier)

Ikan ini juga dikenal sebagai kakap gajah. Tersebar luas pada peraian Indo-Pasifik bagian Barat. Ikan Lutjanus dapat tumbuh hingga ukuran 60 cm. Nama lain yang digunakan di beberapa daerah yakni Jenaka (Jkt), Gajah (Mnd) dan Lutjanus (Jkt).

sumber : https://www.fishbase.se

4. Cheilinus undulatus Rupell

Ikan ini lebih dikenal dengan nama Napolenon Wrasse. Memiliki nama lokal Laraluca (Mmr), Nuri-nuri (Jkt) dan Maming (Amq). Ikan ini tersebar di perairan terumbu karang Indo-Pasifik. Cheilinus undulatus Rupell adalah ikan karang besar dan mulai langka dengan panjang tubuh dapat mencapai 200 cm. 

Sumber : http://seatizens.sc


5. Scarus flavipectoralis Schultz

Jenis ikan yang satu ini tersebar luas pada wilayah Pasifik barat. Nama lokalnya adalah ikan kakatua (amq). Memiliki panjang tubuh hingga 30 cm. 

sumber : https://www.fishbase.se


6. Siganus argantheus (Quoy & Gaimard)

Siganus argantheus atau biasanya disebut ikan Beronang, memiliki nama lokal lainnya yakni ikan Samandar (amq). Hidup di daerah terumbu karang dapat mencapai ukuran 35 cm;tersebar luas di daerah tropis Indo-Pasifik.

sumber : https://www.fishbase.se


7. Acanthurus bariene lesson

Ikan dengan bentuk tubuh pipih ini, dapat berukuran hingga 40 cm. Tersebar dari selatan Jepang sampai Afrika Timur dan Indonesia. Memiliki nama lokal Butana (Amq) dan Bobara Laut (Mnd)

sumber : https://www.fishbase.de/

8. Monotaxis grandoculis (Forssakal)

Spesies ikan ini ditemukan tersebar di bagian Indo-Pasifik Barat. Dapat tumbuh hingga ukuran tubuh 40 cm. Nama lokalnya adalah Kakap putih (mnd)

sumber : https://upload.wikimedia.org


9. Scarus Spinus (Kner)

Scarus Spinus memiliki nama lokal Kakatua (Amq). Tersebar luas pada daerah Indo-Pasifik Tengah. Memiliki ukuran mencapai 30 cm.

sumber : https://fishesofaustralia.net.au


10. Chaetodon auriga Forsskal

Nama lokal ikan ini adalah Bendera (Srm), Kiliboban (Gsr) dam Kepe-kepe (Amq). Tersebar luas di wilayah perairan Indo-Pasifik. Dapat mencapai ukuran 23 cm.

Sumber : https://media.australian.museum