Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hewan yang hidup pada ekosistem pantai berpasir

Ketika berenang atau snorkling pada perairan pantai berpasir, kita hanya menemukan sedikit dari sekian banyak hewan yang menghuni perairan tersebut, dibandingkan ketika kita berenang di daerah terumbu karang. Hal ini disebabkan sebagian besar organisme terkubur di dalam pasir. Lihat lebih dekat, kita akan menemukan tanda-tanda kehidupan terkubur di dalam pasir, misalnya antena berbulu kepiting, beberapa jenis ikan seperti ikan pari. Beberapa hewan lainnya ditemukan pada daerah dimana terdapat lamun. Lamun merupakan makanan bagi banyak hewan penghuni wilayah pantai berpasir, seperti dugong dan manate. 

Beberapa hewan penghuni pantai berpasir adalah sebagai berikut 

1. Dugong

Dugong adalah mamalia yang hidup di perairan dangkal. Habitat hidupnya pada perairan berpasir yang ditumbuhi oleh lamun. Dugong biasanya menggali pasir untuk memakan akar lamun yang kaya akan kandungan gizi bagi kelangsungan hidupnya. Dugong adalah hewan yang lembut pemalu. Sayangnya, perburuan dugong masih sering terjadi.

Sumber : https://wwf.id

2. Kepiting Pasir

Kepiting pasir biasa dikenal dengan sebutan Masked Crab/Kepiting Bertopeng. Hewan ini sangat cepat menguburkan dirinya di dalam pasir. Kepiting pasir bersembunyi di dalam pasir saat siang hari. Kepiting ini menggunakan kedua antenanya yang dapat difungsikan sebagai tabung pernapasan yang memungkinkan air dengan kandungan oksigen mengalir melaluinya menuju insang saat kepiting terkubur. Pada malam hari, kepiting akan keluar dari pasir untuk mencari makan. Jenis makanan kepiting ini adalah udang kecil, atau beberapa jenis cacing polycaeta dan berbagai molusca/bivalvia kecil.

Sumber : https://www.beachexplorer.org

3. Ikan Pari Elang

Ikan pari elang mencari mangsa di dasar laut menggunakan moncoongnya untuk memakan kerang. Sirip dada ikan iini bergerak naik turun tampak seperti sayap yang dicelupkan ke dalam pasir untuk mencari mangsa. Ikan pari elang dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 2 meter.

Sumber : http://marinelifepics.com

4. Kuda Laut

Kuda Laut tidak hidup pada perairan terbuka, biasanya ia hidup pada perairan terumbu karang, pada habitat lamun atau alga. Hewan ini memiliki kemampuan untuk bergantung pada hewan atau tumbuhan lain menggunakan ekor. Berbeda dengan kebanyakan cara ikan berenang, kuda laut berenang dengan posisi tubuh tegak, dan berpindah menggunakan gelombang yang melewati sirip punggungnya. Mereka makan dengan cara menyedot hewan kecil ke dalam mulutnya.

Sumber : https://www.wildrepublic.com

5. Anemon laut

Anemon hidup meliang di dalam substrat pasir. Hewan ini biasanya ditemukan pada wilayah dekat terumbu karang. Selama anemon berada di dalam pasr, hanya tentakelnya saja yang muncul ke permukaan pasir untuk bernapas dan mencari makan. Apabila tentakelnya disentuh, anemon akan bergerak cepat untuk memasukan bagiian tubuhnya tersebut ke dalam substrat pasir. Jika dilihat sekilas bentuk anemon seperti bunga yang berada di dasar laut.

Sumber : https://img1.whatsthatfish.com