Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organ gerak ikan dan fungsinya

Secara umum, kita ketahui bahwa alat gerak ikan terdiri dari sirip dan ekor, namun tahukah kita bahwa ekor ikan juga merupakan bagian dari sirip ikan. Berikut akan dijelaskan mengenai organ gerak ikan dan fungsinya.

Sirip

Sirip merupakan organ gerak utama pada ikan. Karena sirip-sirip inilah, ikan dapat dengan mudah berenang. Pada beberapa jenis ikan, sirip juga digunakan sebagai alat bantu untuk merangkak misalnya pada ikan kodok. Sedangkan pada beberapa ikan air tawar, sirip juga digunakan sebagai alat pertahanan karena dilengkapi oleh duri yang cukup tajam.

Sirip ikan memiliki ciri khas dan bentuk yang berbeda-beda. Terdapat 5 jenis sirip utama yang umumnya dijelaskan dalam proses identifikasi ikan. Kelima jenis sirp tersebut ada yang berpasangan maupun yang tidak berpasangan.

Sirip yang berpasangan

Sirip yang berpasangan, terdiri dari :
  • Sirip dada (pinnae pectoralis = pinnae thoracicae = pectoral fins).
  • Sirip perut (pinnae abdominalis = pinnae pelvicalis = pinnae ventralis = pelvic fins = ventral fins)

Sirip yang tidak berpasangan.

  • Sirip bagian punggung (pinna dorsalis = dorsal fin)
  • Sirip bagian dubur (pinna analis = anal fin)
  • Sirip bagian ekor (pinna caudalis = caudal fin)
Sumber : https://www.leisurepro.com



Kegunaan dan deskripsi masing-masing sirip akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Sirip Dada/ Pectoral Fin

Sirip dada terlihat seperti sayap pesawat. Sirip ini terletak di kedua sisi ikan, pada posterior operculum atau pada pertengahan tinggi ikan. Sirip ini membantu ikan untuk berbelok ke kiri atau ke kanan, juga memberikan dukungan saat ikan berenang.

2. Sirip Perut/ Pelvic Fin

Sirip perut terletak pada bagian depan bawah ikan/ bagian perut. Sirip ini membantu dalam stabilitas serta memperlambat atau menghentikan laju renang ikan dengan cepat. Sirip ini juga membantu ikan bergerak ke atas atau ke bawah di dalam air.

3. Sirip Punggung/ Dorssal Fin

Sirip punggung/dorsal fin, terletak di atas punggung, atau pada bagian atas ikan. Fungsi sirip punggung adalah membantu ikan dalam hal stabilitas. Ikan memanfaatkan sirip punggng dalam belokan tajam, berputar, hingga berhenti. Beberapa jenis ikan memiliki tiga sirip punggung yang berbeda yang dikenal sebagai sirip punggung proximal, middle dan distal, namun pada beberapa ikan hanya memiliki 2 jenis sirip punggung.

4. Sirip Dubur/ Anal Fin

Sirip dubur terletak di permukaan ventral, di belakang anus. Sirip ini berfungsi untuk menstabilkan ikan saat berenang. Sirip ini biasanya tidak berpasangan, namun pada beberapa ikan, ada juga yang berpasangan.

5. Sirip Ekor/ Caudal Fin

Sirip ekor biasanya terletak di posterior/bagian belakang tubuh ikan, atau yang biasanya kita sebut ekor. Sirip ekor adalah sirip utama yang memberikan daya dorong serta kecepatan ikan berenang. Sirip ini juga dapat berfungsi sebagai kemudi ikan dalam bermanuver.