Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mekanisme Upwelling dan Downwelling di Laut Banda; Pengertian, Animasi Suhu sepanjang Laut Banda


A. Pengertian
Upwelling atau taikan massa air adalah proses gerakan massa air dari petala (layer) termoklin ke arah petala paras (surface layer)

Downwelling (junam) adalah adalah gerak ke bawah atau proses penenggelaman massa air yang menyusul penumpuan arus atau penumpukan air di suatu kawasan pantai, atau apabila bila suatu massa air lebih berat dari air di sekitarnya.



B. Mekanisme upwelling di Laut Banda


Upwelling di Laut Banda selalu menarik bagi peneliti, akademisi, pemerintah hingga nelayan karena dengan adanya upwelling menyebabkan pengkayaan nutrien  yang sangat diperlukan oleh berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.


Gambar di bawah ini memperlihatkan bagaimana mekanisme upwelling laut banda. Pada musim timur selama bertiupnya angin monsoon, terjadi pergerakan massa air meninggalkan busur Laut Banda. Untuk menggantikan massa air yang hilang di permukaan perairan, massa air dari Laut dalam akan naik menuju permukaan. Sedangkan pada musim barat terjadi hal sebaliknya alias downwelling Untuk lebih gampangnya liat gambar di bawah ini aja ya.. heheheh


" Hasil Pemodelan INDESO di Laut Banda"


Animasi dilakukan sepanjang A ke B seperti Gambar di bawah ini :






Kalau masih kurang, cek aja langsung di Jurnalnya


Horhoruw SM, Atmadipoera AS, Nanlohy P, Nurjaya IW. 2016. Anomaly of surface circulation and Ekman transport in Banda Sea during 'Normal' and ENSO episode (2008-2011). IOPScience 54 (2017) 012041.